Sabtu, 16 Oktober 2021, WIB
Breaking News

Sabtu, 18 Sep 2021, 08:55:04 WIB, 67 View Ben Isman, Kategori : Umum

Repost dari : https://padek.jawapos.com/sumbar/padang/17/09/2021/upacara-harhubnas-2021-di-shelter-lantai-iii-terminal-anak-aia-padang/

Peringatan Hari Perhubungan nasional (Harhubnas) tahun 2021 ditandai dengan pelaksanaan upacara di shelter lantai III Terminal Anak Aia, Kota Padang, Jumat pagi (17/9).

Inspektur upacara yang juga Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumbar, Heri Nofiardi dan dihadiri seluruh insan perhubungan baik dari Kementerian Perhubungan serta stakeholder dan mitra.

Heri mengatakan, tema Harhubnas tahun ini “Bergerak Harmonikan Indonesia”. Tema ini dimaknai agar momentum Harhubnas dapat meningkatkan silaturahim insan perhubungan, abik darat, laut udara dan kereta api. “Melalui upacara ini jadi momentum menjaga persatuan dan kesatuan,” terang Heri, usai upacara Harhubnas 2021.

Selain upacara, Harhubnas diisi dengan rangkaian kegiatan bakti sosial: donor darah, anjangsana dan kegiatan olahraga lainnya. “Masing- masing Balai Kementerian Perhubungan juga sudah ada melaksanakan kegiatan Harhubnas,” ungkapnya.

Harhubnas tahun ini kondisinya sama seperti tahun sebelumnya, yakni di masa pandemi Covid-19. Disebutkannya, sudah setahun pandemi Covid-19 terjadi, tentu di sektor transportasi juga mengalami pergerakan.

Adanya berbagai pembatasan aktivitas masyarakat, baik itu pembatasan skala besar, noew normal dan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), menimbulkan inovasi. Di mana, adanya operator transportasi yang menggunakan sistem pelayanan menggunakan teknologi informasi (IT). Juga ada inovasi aplikasi pemesanan tiket.

“Dalam pelayanannya operator dan petugas juga tidak lagi kontak langsung, seperti melaksanakan rapat dengan aplikasi zoom meeting,” ungkapnya.

Dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 bagi perusahaan operator dan insan perhubungan, juga telah melaksanakan test swab PCR. Selain itu, juga vaksinasi inisiatif dilaksanakan oleh perusahaan operator, sopir dan kernet.

“Tapi sudah ada inisiatif, karena vaksinasi merupakan persyaratan bagi pengemudi masuk Jawa dan Bali dan daerah yang melaksanakan PPKM Level 4,” terangnya.

Sementara, Kepala Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah III Provinsi Sumatera Barat, Deny Kusdyana mengatakan, dengan tema peringatan Harhubnas tahun ini, dimaknai mengajak insan perhubungan seluruh Indonesia, untuk terus melakukan inovasi dan bergerak menyatukan kekuatan.

“Artinya bergerak menyatukan kekuatan, supaya pergerakan masyarakat di seluruh Indonesia dapat dilayani dengan baik dan ditingkatkan pelayanannya,” terangnya.

Deny mengungkapkan, pada tahun ini pihaknya melaksanakan kegiatan pembangunan di bidang perhubungan di Sumbar. Yakni pembangunan Terminal Anak Aia yang sudah selesai dan segera dilakukan uji coba pada 1 Oktober nanti.

Selain itu juga ada juga melaksanakan beberapa pembangunan lainnya, yakni, penyelesaian pembangunan Dermaga Tahap II di Pelabuhan Samudera Bungus. “Kita juga akan membangun dermaga tahap III tahun 2022 nanti,” ungkapnya.

Kegiatan perhubungan lainnya berkaitan dengan keselamatan jalan. Baik perlengkapan jalan, sosialisasi keselamatan, kegiatan zona aman sekolah. “Semuanya kita lakukan setiap tahun,” terangnya.(hsn)



1 Oktober Ujicoba Pengoperasian Terminal Type A Anak Aia
Sabtu, 18 Sep 2021, 09:00:35 WIB, Dibaca : 48 Kali
Upacara Harhubnas 2021 di Shelter Lantai III Terminal Anak Aia Padang
Sabtu, 18 Sep 2021, 08:55:04 WIB, Dibaca : 67 Kali
Jangan Bingung, Ini Beda antara ASN, PNS, dan PPPK
Selasa, 24 Agu 2021, 10:06:43 WIB, Dibaca : 146 Kali

Tuliskan Komentar