Kamis, 03 Desember 2020, WIB
Breaking News

Selasa, 20 Okt 2020, 13:16:23 WIB, 52 View Ben Isman, Kategori : Umum

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 154/2016 tentang Organisasi dan Tatakerja Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan lalu lintas dan angkutan jalan, sungai danau dan penyeberangan. Pasal 4a diatur salah satu tugas BPTD adalah menyusun rencana, program dan anggaran setiap tahun.

 

“Rencana, program, dan anggaran tahun 2021, telah disusun dalam pagu indikatif dan telah dimasukkan dalam e-Planning kita,” ungkap Kepala BPTD Wilayah III Sumbar, Deny Kusdyana, di hadapan peserta Rakornis Perhubungan Darat se-Sumbar, Senin (19/10/2020).

 

Rakornis bertema Sinergitas Pembangunan Infrastruktur Bidang Perhubungan dan Pembahasan Usulan Kegiatan Perhubungan Darat 2022. Kegiatan diikuti oleh seluruh aparatur Dishub se-Sumbar di Hotel Pangerans Beach sejak 18 Oktober kemarin.

Deny Kusdyana juga menginformasikan kegiatan-kegiatan yang telah dan sedang dilakukan Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah III Sumatera Barat 2020, antara lain meliputi:

 

Operasional dan pemeliharaan Kantor BPTD Wilayah III Provinsi Sumatera Barat.

Operasional dan pemeliharaan 4 terminal Tipe A meliputi: Terminal Simpang Aur Kota Bukit Tinggi, Terminal Jati Pariaman Kota Pariaman, Terminal Bareh Kota Solok dan Terminal Kiliranjao.

Operasional dan pemeliharaan 4 Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB), meliputi ; UPPKB Tj. Balik di Kabupaten Limapuluh Kota, UPPKB Lubuk Selasih di Kabupaten Solok, UPPKB Sungai Langsat di Kabupaten Sijunjung dan UPPKB Air Haji di Kabupaten Pesisir Selatan.

Rehabilitasi UPPKB Tj. Balik Tahap III (selesai)

Pembangunan dan pemeliharaan 15 paket Perlengkapan Jalan di ruas jalan nasional di Provinsi Sumatera Barat.

Peningkatan Pelayanan Pelabuhan SDP Teluk Bungus Tahap I, dan

Rehabilitasi Movable Break (MB) Dermaga I SDP Teluk Bungus.

“Saat ini masih berproses hibah aset pelabuhan SDP Teluk Bungus dari Pemprov Sumbar ke Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Diharapkan akhir 2020 telah selesai, sehingga mulai awal 2021, penyelenggaraan operasional Pelabuhan SDP Teluk Bungus, dapat dikelola oleh Ditjen Perhubungan Darat atau BPTD Wilayah III Provinsi Sumatera Barat,” ujar Deny.

 

Selain itu pada tahun 2021, BPTD Wilayah III akan membuka operasional Terminal Tipe A Anak Air Padang, dan Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Beringin di Kabupaten Pasaman.

 

Dikatakannya, tahun 2021, BPTD Wilayah III Sumbar telah mengusulkan anggaran Rp152 Miliar (55%) dari pagu anggaran 2020 sebesar Rp98 Miliar. Selain untuk operasional dan pemeliharaan rutin, anggaran tersebut akan digunakan untuk kegiatan kontraktual pembangunan dan pemeliharaan perlengkapan Jalan, Peningkatan Pelayanan Pelabuhan SDP Teluk Bungus Tahap II yang sudah selesai, Rehabilitasi UPPKB Lubuk Selasih dan Pembangunan Kantor BPTD Wilayah III Sumatera Barat.

 

“Kami mengucapkan syukur dan terima kasih kepada Gubernur Sumatera Barat yang telah memberikan hibah lahan untuk BPTD, yang saat ini masih berkantor di Perumahan Lolong Belanti di Padang Utara,” ujar Deny.

 

Deny Kusdyana juga menyampaikan beberapa kebijakan pusat di bidang Perhubungan Darat, antara lain:

 

Tahapan penanggulangan Over Dimensi dan Over Loading (ODOL) yang diharapkan dapat dilaksanakan secara penuh pada awal tahun 2023, saat ini kami dilapangan di UPPKB-UPPKB terus melakukan penegakkan hukum baik melalui tilang dan memperkarakan secara pidana. Untuk memberikan sockteraphy dan efek jera kepada pelanggara saat ini kami sedang memproses P21 ke-2 terkait ODOL dan ikut serta dalam proses pidana pemalsuan e-Blue (Buku Uji).

Mendorong Peningkatan Pelayanan Angkutan Umum Masal melalui Program Buy The Service (BTS);

Transformasi Terminal Tipe A, untuk di Provinsi Sumbar akan dilaksanakan di Terminal Tipe A Anak Air dengan menerapkan Tata Laksana Pengelolaan dan Pengoperasian Terminal, penggunaan e-Ticketing dan kerjasama dengan UMKM dan pelaku usaha di Terminal.

Untuk bidang SDP, saat ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terus memberikan dukungan kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Darat untuk melaksanakan secara mandiri pengawasan kelaiklautan kapal-kapal penyeberangan.

Kegiatan Rakornis Bidang Perhubungan Darat 2020 itu diselenggarakan untuk harmonisasi dan menghimpun berbagai kebutuhan bidang perhubungan darat di masing-masing wilayah kabupaten kota di Sumatera Barat, khususnya terkait yang menjadi kewenangan Pemerintah Pusat dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, untuk diusulkan pada tahun 2022.

“Kami mengharapkan peran aktif dari Dinas Perhubungan Provinsi, Kabupaten dan Kota di wilayah Provinsi Sumatera Barat untuk sama-sama menginventarisasi berbagai kebutuhan bidang perhubungan darat baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang sehingga sarana dan prasarana bidang perhubungan darat untuk pelayanan dan keselamatan transportasi darat bagi masyarakat dapat berkesinambungan dan berjalan dengan baik,” ungkapnya. (hsn)

sumber https://www.google.com/amp/s/padek.jawapos.com/sumbar/19/10/2020/rakernis-bptd-wilayah-iii-sumbar-himpun-rencana-kerja-2022/amp/



Rakornis, BPTD Wilayah III Sumbar Himpun Rencana Kerja 2022
Selasa, 20 Okt 2020, 13:16:23 WIB, Dibaca : 52 Kali
BPTD Wilayah III Sumbar Sediakan Parkir Sepeda di Khatib Sulaiman
Kamis, 01 Okt 2020, 12:58:42 WIB, Dibaca : 82 Kali
The Barokah Juara I Virtual Rally Fun Bike Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2020
Rabu, 30 Sep 2020, 19:27:10 WIB, Dibaca : 73 Kali

Tuliskan Komentar